Mengadakan In House Training Pengelolaan Bahan Berbahaya Beracun (B3) dan Limbah B3

Kamis (27/7) RS Kusta Dr Rivai Abdullah Palembang menyelengarakan In House Training Pengelolaan Bahan Berbahaya Beracun (B3) dan Limbah B3 yang diikuti sebanyak 45 orang karyawan/i yang terdiri perawat,petugas laboratorium,rontgen,farmasi, cssd, sanitasi kesehatan lingkungan, rehabilitasi medis dan laundry.

Pengunaan bahan kimia dan bahan berbahaya dan beracun ( bahan B3 ) harus dikelola pengunaan dan penyimpanannya.Peraturan pemerintah no.74 tahun 2001 tentang pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun ( bahan B3 ) Kementerian Lingkungan Hidup mempunyai kewenangan untuk pengunaan Bahan B3 dari aspek pelestarian lingkungan hidup. Pengelolaan bahan B3 tidak semata –mata untuk memenuhi peraturan yang berlaku, tetapi merupakan keharusan. Pengelolaan Bahan B3 terkait dengan meningkatkan keamanan dan keselamatan pasien.

Pengelolaan limbah B3 dimulai dari minimasi ( pengurangan ) disumber, penyimpanan di TPS, pengangkutan, pengumpulan, pemanfaatan, pengolahan, dan terakhir penimbunan. Siklus limbah B3 terbentuk karena pengunaan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dalam proses produksi dan kurang optimal dalam melakukan “good housekeeping” terhadap B3. Upaya pengurangan juga bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan limbah B3 menjadi menjadi penganti bahan baku dan bahan bakar dalam proses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *