Magang Tim Pengelola Program Kusta Kabupaten Nagan Raya Propinsi Aceh Di RSK Dr Rivai Abdullah

Palembang,Tim pengelola program kusta kabupaten Nagan Raya propinsi Aceh melakukan magang selama tiga hari pada tanggal 27 Desember s/d 29 Desember Di RSK Dr Rivai Abdullah yang merupakan Rumah Sakit Kusta Pembina untuk wilayah Regional Bagian Barat, meliputi Seluruh Sumatera dan Kalimantan Barat berdasarkan Surat keputusan Menteri Kesehatan RI nomor : 270/Menkes/SK/VI/1985 tanggal 4 Juni 1985.
“Melalui pelaksanaan magang diharapkan dapat mempelajari tata cara pengobatan dan perawatan pasien kusta sehingga pada saat kembali ke Kabupaten Nagan Raya dapat langsung mempraktekkan ilmu yang didapat selama melaksanakan magang di RSK Dr Rivai Abdullah” kata M.Rasyid MS, SE selaku Plh.Sekretaris Dinas Kesehatan Nagan Raya sebagai ketua rombongan magang.
Selama ini manusia diyakini sebagai sumber utama penularan penyakit Kusta. Mycobacterium leprae bersarang pada kulit dan mukosa hidung pasien kusta yang belum diobati. Kuman kusta memiliki masa inkubasi bervariasi antara dua hingga tujuh tahun. Penyakit ini dapat ditularkan dengan kontak lama dan terus menerus, tetapi penularan baru dapat terjadi apabila manusia yang tertular memiliki kegagalan sistem imun terhadap bakteri tersebut. Jadi penularan tidak semudah yang dibayangkan. Pasien kusta yang melakukan pengobatan rutin terbukti bisa sembuh dan terbebas dari kusta. (humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *