Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Oleh . Drg. Faiznur Ridho

Kerusakan gigi yang disebabkan oleh bakteri dalam plak,Plak adalah Endapan lunak yang tidak berwarna dan melekat erat pada berasal dari sisa makanan permukaan gigi.

Faktor – faktor yang mempengaruhi Gigi berlubang dipengaruhi oleh 4 faktor,

  1. Bakteri
  2. Gigi
  3. Makanan
  4. Waktu

Bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik dan benar

Sikat gigi minimal 2 kali sehari

Gosoklah gigi minimal 2 kali sehari yakni setelah sarapan pagi dan malam hari sebelum tidur. Pilihlah sikat gigi dengan bahan yang lembut agar tidak melukai gusi dan gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride dan gantilah sikat gigi anda jika setiap 3 bulan atau sudah rusak.

KURANGI  makanan yang manis dan lengket

Makanan yang manis dan lengket dapat menyebabkan kerusakan mineral pada gigi jika tidak dibersihkan dengan segera. Oleh sebab itu kurangilah konsumsi makanan tersebut dan gosoklah gigi.

 

Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Kandungan serat dan vitamin di dalam sayur dan buah mampu memperkuat struktur jaringan gigi dan gusi sehingga selalu sehat dan kuat. Pilihlah buah dan sayur yang segar, sehat, serta bebas dari pestisida untuk mendapatkan manfaat yang sebenarnya.

Periksakan gigi anda ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali

Periksakan gigi anda secara teratur dengan cara mengunjungi dokter gigi terdekat minimal 6 bulan sekali. Pemeriksaan secara teratur merupakan hal yang sangat penting karena dapat mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulut anda lebih awal dan terkontrol. Pemeriksaan secara teratut ini merupakan langkah awal untuk mencegah rusaknya gigi anda sehingga perawatan dapat dilakukan dengan segera. Periksa gigi harus dilakukan sejak dari usia dini sehingga akan menjadi budaya yang baik dibawa hingga seseorang tersebut beranjak dewasa. Periksanlah gigi anda sekarang,kalau tidak sekarang kapan lagi.

Hindari kebiasaan merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang buruk. Kamdungan nikotin dan racun lainnya di dalam rokok akan membuat struktur gigi dan gusi terganggu sehingga menimbulkan berbagai keluhan penyakit gigi dan mulut. Stop merokok sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *